LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS – SETYAWAN HARJANTO, S.KOM

0
33
COVER
COVER

ABSTRAK

Harjanto, Setyawan.2020. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di Kelas X RPL C SMK NEGERI 5 SURAKARTA, Semester Gasal Tahun Ajaran 2020 / 2021 Kata Kunci : Pemrograman Dasar, Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X RPL C saat masa pandemi Covid 19 dengan model pembelajaran jarak jauh / pembelajaran Daring dengan menggunakan platform Pembelajaran Microsoft Office 365 dan Microsoft Teams. Hasil observasi yang dilakukan ternyata pada proses pembelajaran jarak jauh ditemui banyak kendala dan masalah terutama pada peserta didik, tidaklah mudah dalam pembelajaran jarak jauh ini memberikan pemahaman materi yang disampaiakn / diberikan kepada guru melalui platform aplikasi Microsoft Teams.

Metode penelitian yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh ini menggunakan platform aplikasi Microsoft Teams dengan subyek penelitian peserta didik kelas X RPL C. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan evaluasi dalam bentuk Tugas dan LKPD.

Hasil dari diadakannya pre tes sebelum pembelajaran siklus I diperoleh hasil dari 34 siswa, tidak ada seorangpun siswa (0%) yang menguasai materi algoritma dan pemrograman secara tuntas, 22% siswa cukup menguasai, dan 78% siswa belum menguasai. Setelah dilakukan pengisian angket, ternyata penyebabnya adalah tidak ada pelajaran ini pada tingkat pendidikan sebelumnya, sehingga siswa tidak ada yang berpartisipasi dalam pembelajaran.

Link Download : LAPORAN PTK SETYAWAN HARJANTO, S.KOM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here